Lazada Indonesia

Tuesday, April 12, 2016

LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN BK DI SEKOLAH

LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN BK
DI SEKOLAH
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam menjalani kehidupan dan perkembangannya, setiap saat individu berada dalam kondisi diri tertentu dan menghadapi serta berinteraksi dengan kondisi lingkungannya. Dari keadaan tersebut individu dituntut bisa menyesuaikan diri secara tepat supaya mampu mencapai perkembangan diri secara optimal.
Peserta didik adalah individu yang berada pada masa yang sulit ketika menghadapi masalah penyesuaian diri dan pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin komplek, sehingga mereka memerlukan bimbingan secara tepat guna pencapaian pengembangan diri mereka.
Peserta didik mau tidak mau mereka akan menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus dari sekolah, yang jadi permasalahan banyak diantara peserta didik yang tidak tahu orientasi karier yang baik yang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Dari alasan itulah layanan penempatan dan penyaluran diberikan kepada peserta didik dengan tujuan mereka memperoleh tempat yang sesuai untuk mengembnagkan diri mereka secara maksimal.
Apalagi untuk peserta didik yang duduk di bangku SMA layanan penempatan dan penyaluran sangat penting dimana layanan tersebut dilakukan dengan prosedur yang baik yang akan menghantarkan peserta didik untuk penjurusan yang tepat, yang hal tersebut akan sangat berpengaruh pada pilihan karier yang akan dipilih kelak.



B. RUMUSAN MASALAH
Apa pengertian dari layanan penempatan dan penyaluran?
Apa saja tujuan dari layanan penempatan dan penyaluran yaitu tujuan umum dan khususnya?
Apa fungsi layanan penempatan dan penyaluran bagi peserta didik?
Materi apa saja yang bisa diberikan dalam layanan penempatan dan penyaluran dalam BK ?
Metode apa saja yang dilakukan dalam layanan penempatan dan penyaluran dalam BK ?
Bagaimana cara pelaksanaan dan evaluasi layanan penempatan dan penyaluran.?
C. TUJUAN
1.      Mengetahui pengertian dari layanan penempatan dan penyaluran
2.      Mengetahui tujuan dari layanan penempatan dan penyaluran dalam BK
3.      Mengetahui fungsi layanan penempatan dan penyaluran dalam BK
4.      Mengetahui materi yang diberikan pada layana penempatan dan penyaluran dalam   BK
5.      Mengetahui metode yang digunakan dalam layanan penempatan dan penyaluran dalam BK
6.      Mengetahui cara pelaksanaan dan mengevaluasi layanan penempatan dan penyaluran BK


BAB II
PEMBAHASAN

A. PENGERTIAN DAN MANFAAT
Yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien) memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat (misalnya penempatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program latihan, magang, kegiatan ektrakulikuler) sesuai dengan potensi, bakat, minat serta kondisi pribadinya.Atau juga layanan yang menempatkan dan menyalurkan siswa pada posisi yang tepat dan menyalurkan segenap potensi, bakat dan minatnya secara optimal.
Manfaat Layanan Penempatan dan Penyaluran : Membantu siswa agar mampu menempatkan, menyalurkan dan merealisasikan dirinya pada keadaan posisi yang tepat. Menyalurkan segala kemampuan, bakat dan minat yang dimiliki siswa sehingga siswa dapat berkembang secara optimal dan memperoleh kepuasaan. Memberikan kemudahan bagi guru dalam pengelolaan kelas dan program pengajaran. Layanan penempatan dan penyaluran harus dilaksanakan secara obyektif dan rasional oleh karena itu perlu kegiatan pendukung berupa aplikasi instrumen dan pengumpulan data.

B. TUJUAN LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN
Tujuan umum layanan penempatan dan penyaluran adalah diperolehnya tempat yang sesuai bagi individu untuk mengembangkan potensi dirinya. Tempat yang dimaksud adalah kondisi lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosio-emosional, dan lebih luas lagi lingkungan budaya, yang secara langsung berpengaruh terhadap kehidupan dan perkembangan individu.
Tujuan khusus layanan penempatan dan penyaluran dalam Bk adalah
Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu , teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan  pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas dengan cara memilih jurusan secara tepat
Mencapai kematangan dalam pemilihan karir dengan cara memasuki jurusan yang sesuai dengan cita-cita masa depan
Siswa mampu  mempersiapkan diri untuk mewujudjan cita-citanya
Mencapai kematangan dalam pilihan karir dengan cara mengenal makna kerja sebagai panggilan hidup
Mencapai kematangan dalam hal gambaran dan sikap  tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi sehingga memahami arti penting bekerja dalam kehidupan

C. FUNGSI LAYANAN

Fungsi layanan penempatan dan penyaluran meliputi :
Fungsi pemahaman :
Terpahaminya kondisi individu dan lingkungan yang ada dan yang dikehendaki
Fungsi pencegahan :
Mencegah masalah jika potensi individu sesuai dengan lingkungan untuk pengembangan potensinya .
Fungsi pengentasan :
Menyelesaikan masalah melalui upaya penempatan pada lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan individu.
Fungsi pengembangan dan pemeliharaan :
Potensi individu menjadi terkembangkan dan terpeliharanya dari hal-hal yang menghambat dan merugikan.
Fungsi advokasi.:
Menghindari individu dari keteraniayaan diri dan hak-haknya.

D. MATERI LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN DALAM BK
Penjurusan di SMA
Mengapa ada penjuruan, tujuannya siswa memahami alasan adanya penjurusan di SMA  sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin
Mengenal kurikulum yang berlaku di sekolah tujuannya agar siswa dapat menyesuaikan diri dalam mengikuti pelajaran dan kegiatan belajar yang dilakukan
Jurusan atau program studi di SMA tujuannya supaya siswa mengenal jurusan atau program studi di SMA agar dapat mempersiapkan diri untuk penjurusan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan
Struktur kurikulum di SMA tujannya agar siswa mengenal struktur kurikulum yang berlaku di sekolah sehingga dapat mengetahui berbagai mata pelajaran yang ada di SMA
Persyaratan pemilihan jurusan, tujuannya agar siswa memahami persyaratan pemilihan jurusan atau program studi di SMA sehingga tidak salah memilih jurusan / program studi yang ada
Layanan Penemapatan dan Penyaluran dapat meliputi :
1.      Penempatan didalam kelas. Bagaimana agar siswa dapat beradaptasi sehibgga siswa mudah berinteraksi dengan keadaan di kelasnya.
2.      Penempatan dan Penyaluran dalam kelompok belajar. Bagaimana agar siswa yang kurang pintar jug adapt mengikuti prose belajar dengan baik.
3.      Penyaluran pada kegiatan ekstra kurikuler. Siswa yang mempunyai bakat dan minat bisa menyalurkannya pada kegiatn ekstra kurikuler tersebut.
4.      Penempatan jurusan dan program studi. seperti penjurusan IPA, IPS, Bahasa bagi mereka yang duduk di bangku SMA. Atau penjurusan untuk anak SMK
5.      Penyaluran lulusan dimaksudkan untuk membantu siswa apakah siswa mau melanjutkan studinya kejenjang yang lebih tinggi atau ingin bekerja
Di sekolah siswa juga diberi informasi tentang dunia kerja, seperti contohnya :
·         Memberikan penjelasan tentang arti bekerja dengan tujuan siswa memahami hubungan antara  bekerja dan hidup sehingga bahwa untuk bisa hidup itu perlu bekerja
·         Meberikan penjelasan makna bekerja dalam kehidupan sehingga setiap pribadi terpanggil untuk bekerja
·         Mengenakankan lapangan pekerjaan yang ada di berbagai lembaga / masyarakat sehingga mendapatkan informasi lebih awal untuk pilihan karir
·         Berani merencanakan sejak awal perihal arah pilihan lapangan pekerjaan sehingga lebih terfokus dalam persiapannya

E. METODE LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN
Metode yang dapat dilakukan melalui :
Inventarisasi data pribadi siswa.
Studi dokumentasi terhadap .
Menentukan bentuk-bentuk penempatan yang disesuaikan dengan kondisi dan keadaan siswa.
Konselor dan siswa melakuakan rencana bersama yang didasari asas kesukarelaan
Strategi politik konselor melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dalam rangka pengembangan lingkungan yang lebih baik bagi siswa.
Menentukan waktu dan tempat,waktu dan tempt yang digunakan dengan kebutuhan dalam layanan.
F. CARA PELAKSANAAN DAN EVALUASI LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN
Layanan penempatan dan penyaluran perlu diselenggarakan secara terencana dan tertib mengikuti prosedur dan langkah-langkah sistematik-strategis. Langkah –langkah yang dimaksud.
1.   Perencanaan, meliputi :
a.       Identifikasi kondisi yang menunjukkan adanya permasalahan pada diri subyek tertentu
b.      Menetapkan subyek sasaran layanan
c.       Menyiapkan prosedur dan langkah-langkah, serta perangkat dan fasilitas layanan
d.      Menyiapkan kelengkapan administrasi.
2.   Pelaksanaan, meliputi :
a.       Melakukan pengkajian terhadap berbagai kondisi yang terkait dengan permasalahan subyek layanan, sesuai dengan prosedur dan langkah-langkah yang telah ditetapkan
b.      Melaksanakan penempatan
3.   Evaluasi ,meliputi :
a.       Menetapkan materi evaluasi
b.      Menetapkan prosedur evaluasi
c.       Menyusun instrument evaluasi
d.      Mengaplikasikan instrument evaluasi
e.       Mengolah hasil aplikasi instrumentasi
4.   Analisis hasil evaluasik,meliputi :
a.        Menetapkan norma/standar evaluasi
b.       Melakukan analisis
c.        Menafsirkan hasil analisis
5.   Tindak lanjut, meliputi
a.        Mengidentifikasi masalah yang perlu ditindaklanjuti
b.       Menetakan jenis dan arah tindak lanjut
c.        Mengkomunikasikan rencana tindak lanjut kepada subyek layanan dan (jika perlu) kepada pihak-pihak terkait
d.       Melaksanakan rencana tindak lanjut
6.   Laporan, meliputi :
a.       Menyususn laporan pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran
b.      Menyampaikan laporan kepada pihak terkait
c.       Mendokumentasikan laporan
EVALUASI
Layanan penempatan dan penyaluran dilaksanakan secara bertahap, artinya tidak selesai dalam satu kali pelaksanaan, atau tidak mengenal sesi-sesi pelaksanaan yang berdiri sendiri. Dengan demikian penilaian segera yang biasanya dilaksanakan pada setiap sesi layanan konseling, tidak dilaksanakan. Penilaian hasil layananan penempatan dan penyaluran dilakukan setelah beberapa waktu subyek layanan berada dilingkungan yang baru, Penilaian jangka pendek dilaksanakan setelah satu minggu sampai satu bulan sedangkan penilaian jangka panjang dilaksanakan setelah lebih dari satu bulan.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa layanan penempatan dan penyaluran dalam Bk  sangat penting dan dibutuhkan. Layanan tersebut bertujuan memahamkan dan mengarahkan peserta didik pada suatu penjurusan  yang sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki, selain itu layanan penemoatan dan penyaluran dalam Bk berfungsi untuk pemahaman, pengentasan, pencegahan, pemeliharaan dan advokasi.
Beberapa data siswa yang diperlukan :
o   Kondisi fisik (panca indera kesehatan fisik, jenis kelamin).
o   Kemampuan akademik dan kecerdasan.
o   Kondisi psikofisik (sosialisasi, penyesuaian diri, karakter dan kepribadian).
Layanan penempatan dan penyaluran tidak bisa dilakuakn dengan sembarangan karena akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan dicapai untuk itu layanan ini harus dilakukan dengan prosedur yang runtut, menggunakan metode yang tepat, dan materi yang sesuai dengan tujuan diadakannya layanan penempatan dan penyaluran, setelah semuanya sudah dilakukan harus ada evalusi untuk mengetahui sebarapa besar efektifitas layanan tersebut untuk membantu peserta didik.

DAFTAR PUSTAKA

Hallen A.2002. Bimbingan dan konseling dalam islam, Jakarta:ciputat pers
Padang Sukandi,dewa ketut,Drs.2000. Pengantar Pelaksanaan program bimbingan dan  konseling, Jakarta, PT Rineka cipta
Prayitno. 2004. Layanan penempatan dan penyaluran. Padang : FKIP Universitas Negeri                  
www.google.co.id (20 maret 2010)
www.konselingindonesia.com(19 maret 2010)


0 comments:

Post a Comment