LAYANAN
PENEMPATAN DAN PENYALURAN BK
DI SEKOLAH
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG MASALAH
Dalam
menjalani kehidupan dan perkembangannya, setiap saat individu berada dalam
kondisi diri tertentu dan menghadapi serta berinteraksi dengan kondisi
lingkungannya. Dari keadaan tersebut individu dituntut bisa menyesuaikan diri
secara tepat supaya mampu mencapai perkembangan diri secara optimal.
Peserta
didik adalah individu yang berada pada masa yang sulit ketika menghadapi
masalah penyesuaian diri dan pengambilan keputusan tentang apa yang harus
dilakukan untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin komplek, sehingga
mereka memerlukan bimbingan secara tepat guna pencapaian pengembangan diri
mereka.
Peserta
didik mau tidak mau mereka akan menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus
dari sekolah, yang jadi permasalahan banyak diantara peserta didik yang tidak
tahu orientasi karier yang baik yang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Dari
alasan itulah layanan penempatan dan penyaluran diberikan kepada peserta didik
dengan tujuan mereka memperoleh tempat yang sesuai untuk mengembnagkan diri
mereka secara maksimal.
Apalagi
untuk peserta didik yang duduk di bangku SMA layanan penempatan dan penyaluran
sangat penting dimana layanan tersebut dilakukan dengan prosedur yang baik yang
akan menghantarkan peserta didik untuk penjurusan yang tepat, yang hal tersebut
akan sangat berpengaruh pada pilihan karier yang akan dipilih kelak.
B. RUMUSAN
MASALAH
Apa
pengertian dari layanan penempatan dan penyaluran?
Apa saja
tujuan dari layanan penempatan dan penyaluran yaitu tujuan umum dan khususnya?
Apa fungsi
layanan penempatan dan penyaluran bagi peserta didik?
Materi apa
saja yang bisa diberikan dalam layanan penempatan dan penyaluran dalam BK ?
Metode apa
saja yang dilakukan dalam layanan penempatan dan penyaluran dalam BK ?
Bagaimana
cara pelaksanaan dan evaluasi layanan penempatan dan penyaluran.?
C. TUJUAN
1. Mengetahui pengertian dari layanan
penempatan dan penyaluran
2. Mengetahui tujuan dari layanan penempatan
dan penyaluran dalam BK
3. Mengetahui fungsi layanan penempatan dan
penyaluran dalam BK
4. Mengetahui materi yang diberikan pada
layana penempatan dan penyaluran dalam
BK
5. Mengetahui metode yang digunakan dalam
layanan penempatan dan penyaluran dalam BK
6. Mengetahui cara pelaksanaan dan
mengevaluasi layanan penempatan dan penyaluran BK
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN DAN MANFAAT
Yaitu
layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik (klien)
memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat (misalnya penempatan dan
penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, program
latihan, magang, kegiatan ektrakulikuler) sesuai dengan potensi, bakat, minat
serta kondisi pribadinya.Atau juga layanan yang menempatkan dan menyalurkan
siswa pada posisi yang tepat dan menyalurkan segenap potensi, bakat dan
minatnya secara optimal.
Manfaat
Layanan Penempatan dan Penyaluran : Membantu siswa agar mampu menempatkan,
menyalurkan dan merealisasikan dirinya pada keadaan posisi yang tepat.
Menyalurkan segala kemampuan, bakat dan minat yang dimiliki siswa sehingga
siswa dapat berkembang secara optimal dan memperoleh kepuasaan. Memberikan
kemudahan bagi guru dalam pengelolaan kelas dan program pengajaran. Layanan
penempatan dan penyaluran harus dilaksanakan secara obyektif dan rasional oleh
karena itu perlu kegiatan pendukung berupa aplikasi instrumen dan pengumpulan
data.
B. TUJUAN
LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN
Tujuan umum
layanan penempatan dan penyaluran adalah diperolehnya tempat yang sesuai bagi
individu untuk mengembangkan potensi dirinya. Tempat yang dimaksud adalah
kondisi lingkungan, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosio-emosional,
dan lebih luas lagi lingkungan budaya, yang secara langsung berpengaruh terhadap
kehidupan dan perkembangan individu.
Tujuan
khusus layanan penempatan dan penyaluran dalam Bk adalah
Mencapai
kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu , teknologi, dan seni sesuai
dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam
kehidupan masyarakat yang luas dengan cara memilih jurusan secara tepat
Mencapai
kematangan dalam pemilihan karir dengan cara memasuki jurusan yang sesuai
dengan cita-cita masa depan
Siswa
mampu mempersiapkan diri untuk
mewujudjan cita-citanya
Mencapai
kematangan dalam pilihan karir dengan cara mengenal makna kerja sebagai
panggilan hidup
Mencapai
kematangan dalam hal gambaran dan sikap
tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan
ekonomi sehingga memahami arti penting bekerja dalam kehidupan
C. FUNGSI
LAYANAN
Fungsi
layanan penempatan dan penyaluran meliputi :
Fungsi
pemahaman :
Terpahaminya
kondisi individu dan lingkungan yang ada dan yang dikehendaki
Fungsi
pencegahan :
Mencegah
masalah jika potensi individu sesuai dengan lingkungan untuk pengembangan
potensinya .
Fungsi
pengentasan :
Menyelesaikan
masalah melalui upaya penempatan pada lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan
individu.
Fungsi
pengembangan dan pemeliharaan :
Potensi
individu menjadi terkembangkan dan terpeliharanya dari hal-hal yang menghambat
dan merugikan.
Fungsi
advokasi.:
Menghindari
individu dari keteraniayaan diri dan hak-haknya.
D. MATERI
LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN DALAM BK
Penjurusan
di SMA
Mengapa ada
penjuruan, tujuannya siswa memahami alasan adanya penjurusan di SMA sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik
mungkin
Mengenal
kurikulum yang berlaku di sekolah tujuannya agar siswa dapat menyesuaikan diri
dalam mengikuti pelajaran dan kegiatan belajar yang dilakukan
Jurusan atau
program studi di SMA tujuannya supaya siswa mengenal jurusan atau program studi
di SMA agar dapat mempersiapkan diri untuk penjurusan sesuai dengan bakat,
minat, dan kemampuan
Struktur
kurikulum di SMA tujannya agar siswa mengenal struktur kurikulum yang berlaku
di sekolah sehingga dapat mengetahui berbagai mata pelajaran yang ada di SMA
Persyaratan
pemilihan jurusan, tujuannya agar siswa memahami persyaratan pemilihan jurusan
atau program studi di SMA sehingga tidak salah memilih jurusan / program studi
yang ada
Layanan
Penemapatan dan Penyaluran dapat meliputi :
1. Penempatan didalam kelas. Bagaimana agar
siswa dapat beradaptasi sehibgga siswa mudah berinteraksi dengan keadaan di
kelasnya.
2. Penempatan dan Penyaluran dalam kelompok
belajar. Bagaimana agar siswa yang kurang pintar jug adapt mengikuti prose
belajar dengan baik.
3. Penyaluran pada kegiatan ekstra
kurikuler. Siswa yang mempunyai bakat dan minat bisa menyalurkannya pada
kegiatn ekstra kurikuler tersebut.
4. Penempatan jurusan dan program studi.
seperti penjurusan IPA, IPS, Bahasa bagi mereka yang duduk di bangku SMA. Atau
penjurusan untuk anak SMK
5. Penyaluran lulusan dimaksudkan untuk
membantu siswa apakah siswa mau melanjutkan studinya kejenjang yang lebih
tinggi atau ingin bekerja
Di sekolah
siswa juga diberi informasi tentang dunia kerja, seperti contohnya :
· Memberikan penjelasan tentang arti
bekerja dengan tujuan siswa memahami hubungan antara bekerja dan hidup sehingga bahwa untuk bisa
hidup itu perlu bekerja
· Meberikan penjelasan makna bekerja
dalam kehidupan sehingga setiap pribadi terpanggil untuk bekerja
· Mengenakankan lapangan pekerjaan yang
ada di berbagai lembaga / masyarakat sehingga mendapatkan informasi lebih awal
untuk pilihan karir
· Berani merencanakan sejak awal perihal
arah pilihan lapangan pekerjaan sehingga lebih terfokus dalam persiapannya
E. METODE
LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN
Metode yang
dapat dilakukan melalui :
Inventarisasi
data pribadi siswa.
Studi
dokumentasi terhadap .
Menentukan
bentuk-bentuk penempatan yang disesuaikan dengan kondisi dan keadaan siswa.
Konselor dan
siswa melakuakan rencana bersama yang didasari asas kesukarelaan
Strategi
politik konselor melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dalam
rangka pengembangan lingkungan yang lebih baik bagi siswa.
Menentukan
waktu dan tempat,waktu dan tempt yang digunakan dengan kebutuhan dalam layanan.
F. CARA
PELAKSANAAN DAN EVALUASI LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN
Layanan
penempatan dan penyaluran perlu diselenggarakan secara terencana dan tertib
mengikuti prosedur dan langkah-langkah sistematik-strategis. Langkah –langkah
yang dimaksud.
1. Perencanaan, meliputi :
a. Identifikasi kondisi yang menunjukkan
adanya permasalahan pada diri subyek tertentu
b. Menetapkan subyek sasaran layanan
c. Menyiapkan prosedur dan langkah-langkah,
serta perangkat dan fasilitas layanan
d. Menyiapkan kelengkapan administrasi.
2. Pelaksanaan, meliputi :
a. Melakukan pengkajian terhadap berbagai
kondisi yang terkait dengan permasalahan subyek layanan, sesuai dengan prosedur
dan langkah-langkah yang telah ditetapkan
b. Melaksanakan penempatan
3. Evaluasi ,meliputi :
a. Menetapkan materi evaluasi
b. Menetapkan prosedur evaluasi
c. Menyusun instrument evaluasi
d. Mengaplikasikan instrument evaluasi
e. Mengolah hasil aplikasi instrumentasi
4. Analisis hasil evaluasik,meliputi :
a. Menetapkan norma/standar evaluasi
b. Melakukan analisis
c. Menafsirkan hasil analisis
5. Tindak lanjut, meliputi
a. Mengidentifikasi masalah yang perlu
ditindaklanjuti
b. Menetakan jenis dan arah tindak lanjut
c. Mengkomunikasikan rencana tindak lanjut
kepada subyek layanan dan (jika perlu) kepada pihak-pihak terkait
d. Melaksanakan rencana tindak lanjut
6. Laporan, meliputi :
a. Menyususn laporan pelaksanaan layanan
penempatan dan penyaluran
b. Menyampaikan laporan kepada pihak terkait
c. Mendokumentasikan laporan
EVALUASI
Layanan
penempatan dan penyaluran dilaksanakan secara bertahap, artinya tidak selesai
dalam satu kali pelaksanaan, atau tidak mengenal sesi-sesi pelaksanaan yang
berdiri sendiri. Dengan demikian penilaian segera yang biasanya dilaksanakan
pada setiap sesi layanan konseling, tidak dilaksanakan. Penilaian hasil
layananan penempatan dan penyaluran dilakukan setelah beberapa waktu subyek
layanan berada dilingkungan yang baru, Penilaian jangka pendek dilaksanakan
setelah satu minggu sampai satu bulan sedangkan penilaian jangka panjang
dilaksanakan setelah lebih dari satu bulan.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dari
pembahasan diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa layanan penempatan dan
penyaluran dalam Bk sangat penting dan
dibutuhkan. Layanan tersebut bertujuan memahamkan dan mengarahkan peserta didik
pada suatu penjurusan yang sesuai dengan
bakat dan minat yang mereka miliki, selain itu layanan penemoatan dan
penyaluran dalam Bk berfungsi untuk pemahaman, pengentasan, pencegahan,
pemeliharaan dan advokasi.
Beberapa
data siswa yang diperlukan :
o Kondisi fisik (panca indera kesehatan fisik,
jenis kelamin).
o Kemampuan akademik dan kecerdasan.
o Kondisi psikofisik (sosialisasi, penyesuaian
diri, karakter dan kepribadian).
Layanan
penempatan dan penyaluran tidak bisa dilakuakn dengan sembarangan karena akan
sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan dicapai untuk itu layanan ini harus
dilakukan dengan prosedur yang runtut, menggunakan metode yang tepat, dan
materi yang sesuai dengan tujuan diadakannya layanan penempatan dan penyaluran,
setelah semuanya sudah dilakukan harus ada evalusi untuk mengetahui sebarapa
besar efektifitas layanan tersebut untuk membantu peserta didik.
DAFTAR
PUSTAKA
Hallen
A.2002. Bimbingan dan konseling dalam islam, Jakarta:ciputat pers
Padang
Sukandi,dewa ketut,Drs.2000. Pengantar Pelaksanaan program bimbingan dan konseling, Jakarta, PT Rineka cipta
Prayitno.
2004. Layanan penempatan dan penyaluran. Padang : FKIP Universitas Negeri
www.google.co.id
(20 maret 2010)
www.konselingindonesia.com(19
maret 2010)
0 comments:
Post a Comment